Kebun sayur: budidaya tomat yang sukses

5 min read

Kebun sayur: budidaya tomat yang sukses

Tomat, diperkenalkan pada abad ke-16, pertama kali dibudidayakan sebagai tanaman hias dan kemudian sebagai sayuran. Dengan keragaman varietas yang luar biasa, hari ini tentu saja sayuran bintang dari kebun pasar kami. Menabur dari Februari hingga April (15 benih/m2). Tanam dari bulan April sampai Mei (5 tanaman/m2). Panen dari Juli hingga beku (2 hingga 4 kg/tanaman).

lembar tanaman

Tanah:  gembur, subur, hangat
Jarak tanam:  50 x 70 cm
Durasi kemunculan:  – di bawah bingkai, 3 atau 4 hari – di tanah, 5 hingga 8 hari
Penanaman:  April hingga Juni
Panen:  Juni hingga Oktober
Penaburan:  Februari hingga Mei

Varietas

tomat bulat

  • ‘Marmande’: buah berukuran sedang, merah, bergaris, agak pipih. ‘Delizia’, sangat enak, merupakan peningkatan dari varietas tradisional pertama ini.
  • ‘Ratu Oranye’: tomat oranye terang, sangat berdaging, empuk.
  • ‘Rose de Berne’: kulit berwarna merah kemerahan, sangat halus, menyamarkan daging dengan rasa manis.
  • ‘Green Zebra’: tomat penasaran dengan kulit harimau hijau, berubah menjadi emas saat matang.

Tomat “koktail”, “ceri”, “minuman beralkohol”…

  • ‘Super Sweet 100 F1’: kumpulan indah dari banyak buah merah kecil, berair, sangat lezat.
  • ‘Madu Meksiko’: tomat ceri, vermilion, dengan rasa yang secara sempurna menyeimbangkan rasa manis dan asam.
  • ‘Pir kuning’: semuanya ada dalam namanya. Buah berbentuk buah pir juga sangat manis.

tomat memanjang

  •  ‘Roma’: kelompok buah memanjang dan sangat berdaging. Patokan untuk membuat saus dan coulis.
  • ‘Cornue des Andes’: buah berdaging, berbentuk koma, sangat enak.

tomat isi

  • ‘Brandywine’: buah merah garnet besar dengan rasa musky, hampir pedas.
  • ‘Nanas’: tomat ini mendapatkan namanya dari dagingnya yang, ketika diiris, membangkitkan rasa nanas.
  • ‘Noire de Crimee’: buah berusuk besar dengan kulit ungu hampir hitam.

Penaburan

Pada 20°C, di terrine, pada bulan Februari-Maret, transplantasi tanaman muda 1 bulan kemudian. Paruh pertama April, tabur 3 atau 4 benih dalam pot, tipiskan tanpa transplantasi. Simpan pada suhu 16-18°C, dalam cahaya dan air. Sediakan 3 jenis tomat besar sesuai dengan kegunaannya, salad, coulis atau untuk isian.

Penanaman

Dimungkinkan untuk membiarkan tanaman tomat berjalan di tanah yang sebelumnya ditutupi dengan jerami, film plastik… Tetapi selain fakta bahwa budidaya akan memakan lebih banyak ruang, perawatan akan lebih mudah dan tanaman mungkin lebih sensitif terhadap jamur.
Pada bulan April di daerah yang sejuk atau di bawah naungan, sekitar pertengahan Mei di tempat lain, buka lubang sedalam 30 cm, setiap 60 cm, dengan jarak antar baris 1 m. Campur kompos dengan tanah, pasang tiang pancang lalu tanam dengan mengubur pangkal batang.

  • Pasang patok setinggi minimal 1,50 m (spiral logam, tiang kayu, dll.) dan gali lubang tanam di kakinya, sedalam sekitar 10 cm.
  • Pasang tanaman dengan memiringkannya ke arah pasak untuk mengubur alasnya. Ini akan mengirimkan akar baru yang, dengan menambatkan tanaman, akan memberinya makan dengan lebih baik.
  • Tutup, padatkan, sirami dan ikat batang ke tiang.

9 langkah sederhana untuk memiliki tomat yang indah

Seperti biasa di kebun sayur, tidak ada yang terlalu rumit: pengamatan, akal sehat, dan banyak pertukaran antara penggemar akan cukup untuk mempraktikkan tip dan trik. Pemangkasan , mulsa , pemupukan yang sesuai jika terbukti kekurangan , pengupasan daun dan penyiraman dengan bijak … semua hal ini dapat dipelajari dengan cepat. Namun, pengalaman pribadi yang diperkuat oleh pengalaman tukang kebun yang berpengalaman di lingkungan sekitar akan membantu Anda bertindak pada waktu yang tepat.

Perawatan harian

Jika Anda tidak memangkas, panen akan terjadi pada bulan Agustus.

  • Ingatlah untuk membuang tandan bunga terakhir yang terbentuk. Jika Anda memangkas, rajinlah. Dengan pemangkasan, kaki mengeluarkan buah lebih cepat untuk memastikan reproduksinya. Pertumbuhan mereka dibatasi oleh ukuran, tanaman akan menanggung lebih sedikit dari mereka dan memberi mereka makan lebih banyak; ini akan meningkatkan kaliber setiap buah.
  • Hapus pengisap dari ketiak daun. Tunas ini menimbulkan daun dan karangan bunga.
  • Jepit gourmants segera setelah muncul dengan memotongnya di antara ibu jari dan jari telunjuk.
  • Jika Anda beroperasi sedikit terlambat, gunakan gunting bersih untuk memangkas tanaman tomat karena potongan harus selalu bersih.
  • Lakukan intervensi setiap 15 hari, hingga akhir Agustus, kecuali tomat ceri dan tomat jenis ‘Roma’.

Sebuah les yang halus

Dipandu secara vertikal di sepanjang tiang , tomat terpelihara dari kelembaban tanah, yang, dalam jangka panjang, merugikan.

  • Manfaatkan ukuran untuk mengikatnya, berhati-hatilah agar tidak mematahkan atau memar batang utama.
  • Gunakan untaian rafia dengan membentuk angka delapan di sekitar batang dan pasak.
  • Dekati tanaman sedekat mungkin dengan tiang, tanpa menyentuhnya. Operasi ini disediakan untuk memotong tomat cukup rumit.
  • Pegang dengan lembut tanaman yang karangan bunganya hampir tidak terbentuk atau hanya “mengikat” (awal pertumbuhan dan perkembangan ovarium muda menjadi buah).
  • Jika Anda tidak dapat campur tangan dalam waktu, lebih mudah untuk menambahkan tutor pada jarak dari yang pertama daripada memaksa tanaman.

Pengupasan yang terlambat

Jangan terburu-buru: membuang daun dimaksudkan untuk mendorong pematangan buah terakhir dan dengan demikian memungkinkan mereka lebih baik terkena sinar matahari. Pengupasan tomat
ini hanya dilakukan pada akhir musim: ini mengurangi kekuatan kaki, diamputasi sebagian besar sistem pernapasan mereka. Kami mengupas hanya sekali, kecuali untuk menghilangkan yang sakit dan yang dapat mencemari tanaman. Selama bulan September , potong daun yang menutupi karangan bunga yang sudah matang, serta yang di bawah, jika rusak atau tampak sakit. Sekali lagi, ini tidak penting untuk tomat ceri dan tomat jenis ‘Roma’.

Bingkai terangkat

Kaki dingin dan kepala di bawah sinar matahari: tidak begitu mudah untuk menggabungkan dua kondisi ini.

Tujuan utamanya adalah untuk melindungi tanaman dari kemungkinan hujan berulang. Tetapi ini juga memungkinkan untuk meningkatkan suhu malam dan siang hari dengan mencegah dengan segala cara bahwa perlindungan yang dipasang menyebabkan fenomena kondensasi yang kemudian akan merugikan .
Hal ini diperlukan untuk mencoba menutupi perkebunan , secara umum setelah karangan bunga terbentuk, agar udara bersirkulasi dengan baik di antara kaki.

Perhatikan perlindungan individu yang hanya akan efektif jika dilepas dan dipasang kembali secara teratur tergantung pada variasi suhu dan kelembapan. Sistem bingkai terangkat, meskipun lama untuk menginstal, adalah salah satu cara terbaik untuk memperpanjang panen.

Perawatan organik

Di kebun sayur, beberapa tahun baik dan yang lain buruk untuk tomat. Jadi, periode kelembaban yang hampir permanen, dikombinasikan dengan suhu dingin yang tidak normal adalah bencana; perawatan teratur tidak akan mengubah apa pun.

Tembaga, yang dipasarkan dalam bentuk campuran Bordeaux , umumnya efektif mencegah jamur, tetapi dalam jangka panjang, mensterilkan tanah dan beracun bagi mikrofaunanya . Lebih suka bagian teratur dari solusi tumbuhan alami, dimaksudkan untuk memperkuat lebih dari menyembuhkan tanaman. Kaya akan elemen jejak dan sanitasi untuk dedaunan lembab, dua atau tiga debu maerl atau tanah liat mikro di akhir musim akan memiliki efek menguntungkan yang tak terbantahkan.

Penyiangan biasa

Pangkas , pancang , mulsa , air : tindakan ini tidak akan berguna pada tanaman berumput. Tomat tidak menyukai persaingan, bahkan di tanah yang subur. Selain itu, gulma menjaga kelembapan pada kaki tanaman yang merupakan sumber penyakit .

Waspada sejak minggu-minggu pertama setelah tanam, lakukan penyiangan dan cangkul permukaan agar tidak merusak akar dangkal tanaman. Perhatian, batas mulsa yang tebal, tetapi tidak mencegah perkembangan yang tidak diinginkan. Setelah setiap pemangkasan dan setiap panen, luangkan beberapa menit untuk mencabutnya. Amaranth , Goosefoot, millet palsu tergila-gila dengan kondisi luar biasa yang kami tawarkan pada tomat kami, akan sangat disayangkan jika mereka juga mendapat manfaat darinya!

Mulsa yang bermanfaat

Dimaksudkan untuk membatasi penguapan, seperti untuk tanaman yang sedikit rapuh, mulsa tetap penting; itu akan mengkompensasi penyimpangan dalam penyiraman.

Apakah mulsa terbuat dari serpihan rami, rami, limbah geser dalam lapisan halus yang diperbarui, jerami sereal, mulsa selalu mengikuti aturan yang sama: bumi harus berada pada suhu maksimum dan telah disiangi dengan hati-hati.
Kecuali di selatan Prancis dan di tanah berpasir – lebih cepat panas dan terlihat seperti “keranjang bor” yang sebenarnya – lebih baik untuk mulsa, biasanya sekitar akhir Juni, setiap tanaman tomat, mengingat tidak ada kata terlambat untuk lakukan dengan baik…

Pupuk yang menguntungkan

Di tanah kebun yang baik, dengan tanah yang dikerjakan dan diubah secara teratur , begitu dalam dan kaya akan bahan organik, tidak perlu menambahkan pupuk selama budidaya.

Di petak-petak yang baru-baru ini diambil alih, tanah yang telah diaspal dengan pekerjaan, misalnya, atau di tanah berpasir, pemupukan berguna.
Saat buah pertama dari buket pertama terbentuk, masukkan pupuk yang kaya kalium, menguntungkan untuk pembentukan buah. Ini akan ditemukan, dalam jumlah yang lebih besar daripada nitrogen dan kalium, dalam pupuk alami tomat khusus, dengan elemen jejak tambahan, seperti boron atau seng. Satu asupan sudah cukup. Namun, jika lebih baik untuk melakukannya lebih awal, penyebarannya diizinkan hingga enam minggu sebelum akhir panen.

Penyiraman hati-hati

Pasokan air sangat penting untuk tomat yang, setelah dipangkas, memiliki kemampuan makan yang berkurang.

Kecuali dalam hal kelembaban yang berkepanjangan, segera setelah tanaman mulai berkembang, bawalah 15 liter air/m² seminggu sekali, berhati-hatilah agar dedaunan tidak basah (untuk melakukan ini, pertimbangkan untuk memasang pipa mikropori atau tetesan ). Kurangi penyiraman setelah semua gumpalan terbentuk.

Waspadalah terhadap input yang tidak teratur yang menyebabkan nekrosis apikal pada buah, suatu kondisi yang lebih dikenal sebagai dasar hitam . Tomat ceri atau tomat jenis ‘Roma’ dapat dibuat tanpa penyiraman selama beberapa minggu.
Untuk varietas lain, cekaman air (daun menggulung sendiri) dapat menyebabkan bunga rontok sebelum buah terbentuk.

Memanen

Juli sampai es.
Kami akan memanen tomat yang sangat matang … atau “pembalikan”, ketika mereka baru saja mulai mewarnai seragam. Ini semua masalah selera!
Gunakan tomat hijau akhir musim tanpa takut membuat selai dan donat lainnya: solanin yang dikandungnya beracun dalam buah mentah (maka benar-benar tidak bisa dimakan) tetapi benar-benar dinonaktifkan saat dimasak.

Penyakit dan parasit: perawatan apa yang harus dilakukan?

Tukang kebun mana yang tidak takut dengan serangan jamur pada tomatnya ? Jamur ini menyebabkan munculnya bintik-bintik coklat besar pada daun, batang dan buah.
Serangan dini dan/atau parah dapat menyebabkan kematian tanaman. Dari gejala pertama, mulailah perawatan dengan rebusan ekor kuda . Faktanya, jamur membutuhkan tetesan air (hujan, embun, irigasi sprinkler) untuk berkecambah dan mencemari jaringan tanaman. Dalam cuaca kering, penyakit ini terkandung.

Daun tomat menggulung, menebal, berkedut? Apakah itu virosis, bakteriosis? Tidak ada yang semacam itu. Ini adalah gejala penyiraman yang tidak teratur. Yang juga dapat mengakibatkan nekrosis apikal tomat (” dasar hitam “) dan menyebabkan kekurangan kalsium pada tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.