Cara menghindari keriting daun tomat

2 min read

Cara menghindari keriting daun tomat

Meskipun tomat adalah buah dari matahari, ada suhu yang tidak boleh dilampaui atau daunnya akan menggulung.

Keriting daun bukanlah penyakit tetapi fenomena fisiologis yang disebabkan oleh panas yang berlebihan. Daun tomat menggulung untuk melindungi diri dari sinar matahari dan melawan penguapan. Beberapa varietas lebih sensitif terhadap fenomena tersebut, seperti Cœur de Bœuf atau Cornue des Andes . Sebaliknya, tomat Olivette atau Roma lebih tahan panas. Keriting daun tidak terlalu mempengaruhi produksi tomat. Namun demikian, paparan sinar matahari pada tomat terkadang dapat menyebabkan buah terbakar.

Segarkan dan segarkan suasana

Untuk mengurangi belitan, maka sangat penting untuk menurunkan suhu di dalam terowongan atau rumah kaca.

  • Beri ventilasi pada shelter sebanyak mungkin dengan membuka pintu siang dan malam di kedua sisi sehingga udara bersirkulasi di dalam. Ventilasi yang baik mendorong pemupukan bunga yang lebih baik. Suhu di atas 35°C dapat menyebabkan coulure pada varietas tertentu.
  • Naungan dengan kain peneduh atau semprotan memutihkan jendela dengan “Naungan untuk rumah kaca” berdasarkan kapur dan kapur.
  • Mulsa pangkal tomat segera setelah suhu melebihi 30°C. Mulsa mencegah penguapan dan menjaga kelembapan dan kesegaran kaki.
  • Hemat air , hitung 3 sampai 5 liter air per minggu, artinya hampir 1 liter per hari. Tanaman tomat juga harus berusaha dengan akarnya untuk mencari kelembaban lebih dalam.
  • Jaga agar dedaunan tetap kering, terutama di malam hari, karena kelembapan malam hari sekecil apa pun dapat menyebabkan jamur kali ini (jauh lebih serius untuk dipecahkan).
  • Jangan menyemprotkan produk apa pun, bahkan yang alami, pada daun yang digulung.
  • Tetap gulung daunnya, itu selalu berguna.

Berguling karena sesak napas

Gulungan fisiologis juga dapat disebabkan oleh pasokan air yang tidak teratur karena kelebihan air di tanah liat yang berdrainase buruk atau sebaliknya.
Pemangkasan yang berlebihan juga mendorong pengeritingan daun. Tangkai tomat yang belum pernah dipangkas dengan banyak serakah yang tiba-tiba dilucuti bereaksi setelah beberapa hari dengan penggulungan daun.
Pupuk yang tidak seimbang yang terlalu tinggi nitrogen juga menyebabkan daun keriting.
Anda tidak dapat tumbuh di rumah kaca tanpa ventilasi yang baik.
Di tengah musim panas, rumah kaca atau terowongan buka siang dan malam (kecuali saat angin kencang).

Cara menyirami tomat di rumah kaca

Di bawah naungan menurut definisi, tidak ada hujan di sana dan itu adalah tujuan dari operasi. Jadi Anda harus menyiraminya. Jadilah penyiram master. Penyiraman adalah poin penting untuk keberhasilan budidaya tomat di rumah kaca atau terowongan.
Aturan pertama: jangan pernah air di malam hari jika malam dingin, ini masih terjadi di awal Juni. Kami menyiram di pagi hari dan terlalu buruk jika tomat pingsan di penghujung hari. Kelembaban malam hari mendorong penyebaran jamur dan khususnya jamur yang mengerikan dan terkenal, wabah hitam! Dalam waktu singkat, jamur ini mampu memusnahkan seluruh tanaman tomat.
Penggemar semprotan membombardir tomat dengan campuran Bordeaux, produk alami (tembaga) yang mengubah buah menjadi biru. Meskipun campuran Bordeaux diterima dalam budidaya organik, tomat merah dan non-tembaga lebih baik. Semprotkan campuran Bordeaux pada awal penanaman atau setelah hujan es (ketika tomat ditanam tanpa perlindungan) dan hanya itu! Di dalam, tembaga tidak penting untuk tomat. Yang harus Anda lakukan adalah menyirami sumur pada waktu yang tepat dan terutama di tempat yang tepat.

Irigasi tetes

Tanpa menghabiskan banyak uang, pusat taman dan rumah do-it-yourself menawarkan peralatan penyiraman berkinerja tinggi yang dulunya hanya disediakan untuk para profesional, dan khususnya irigasi tetes . Sistem ini membawa air ke tempat yang dibutuhkan. Ketika berbicara tentang jamur, hemat air, prinsip tetes adalah solusi terbaik untuk mendapatkan tomat yang luar biasa tanpa harus menggunakan perawatan.

Di bawah rumah kaca atau terowongan, irigasi tetes membawa air secara perlahan, yang menghindari pemadatan tanah. Kehidupan berlanjut di bawah tanah tanpa kejenuhan, akar mendapat manfaat dari kelembaban konstan kecil tanpa kelebihan. Tomat tidak menangkap pantat hitam. Formula ini mungkin membuat Anda tertawa, tetapi kemunduran ini sangat umum terjadi pada tomat yang mengalami sedikit kekeringan dan kemudian disiram atau ditenggelamkan di kaki. Ini sering terjadi ketika Anda pergi selama beberapa hari dan sesaat sebelum meninggalkan tomat Anda membiarkan selang taman mengalir di kaki. Keuntungan lain dengan irigasi tetes, air pada suhu rumah kaca, tomat tidak menderita hidrokusi akar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.